Jalur Pendakian Gunung Merbabu Ditutup

Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (BTNGMb) tutup sesaat obyek wisata alam serta jalan pendakian di lokasi Taman Nasional Gunung Merbabu. Ketetapan itu diambil untuk meminimalisir penebaran Corona Virus Disease (COVID-19).

“Karena itu semua obyek wisata alam serta jalan pendakian di lokasi Taman Nasional Gunung Merbabu terhitung mulai tanggal 15 Maret 2020 jam 18.00 WIB ditutup sesaat, s/d 14 hari ke depan,” kata Kepala BTNGMb, Junita Parjanti, pada detikcom pada Minggu (15/3/2020) malam.

BTNGMb telah keluarkan surat pengumuman penutupan Taman Nasional Gunung Merbabu itu dengan Nomor : PG. 05 /T.35/TU/EVLAP/03/2020 mengenai mengantisipasi serta kesiagaan mencegah penebaran corona virus disease (COVID-19).

Baca Juga : Akreditasi Jurusan UB

Dalam surat tertanggal 15 Maret 2020 itu disebut penutupan sesaat Gunung Merbabu dikerjakan dalam tempo 14 hari.

Gunung Merbabu ditutup sebab virus Corona menebar semakin luas. Disamping itu, penutupan berdasar protokol penambahan kesiagaan pada efek persebaran virus Corona dan surat edaran Gubernur Jawa Tengah Nomor:440/0005942 tanggal 14 Maret 2020 mengenai penambahan kesiagaan pada risiko penyebaran infeksi COVID-19 di Jawa Tengah.

“Proses ini telah kami komunikasikan serta koordinasikan dengan forkompimcam (komunitas komunikasi pimpinan kecamatan) Selo, Pakis, Getasan, Sawangan,” tutur Junita.

Junita katakan pemda yang akan lakukan publikasi pada warga, sebab insiden merebaknya virus corona telah adalah persoalan nasional. Warga disarankan mematuhi pengumuman ini serta tunda dahulu buat yang ingin naik ke Gunung Merbabu.

Baca Juga : Universitas Brawijaya

“Dimohon beberapa faksi untuk bekerja bersama serta kami siap untuk bekerjasama,” tuturnya.

Balai Taman Nasional Gunung Merbabu akan lakukan pelajari serta ambil kebijaksanaan selanjutnya dengan memerhatikan perubahan persebaran virus corona.

“Demikian kami berikan, agar jadi perhatian serta didasari,” tutur ia.

Leave a comment